Harga dan Spesifikasi Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot Terbaru

Harga dan Spesifikasi Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot Terbaru - Hallo sahabat Otomotif Gear, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Harga dan Spesifikasi Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot Terbaru , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel HONDA, Artikel Mobil Eropa, Artikel Mobil Perancis, Artikel Mobil Peugeot, Artikel Pembuat Mobil Peugeot, Artikel Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Harga dan Spesifikasi Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot Terbaru
link : Harga dan Spesifikasi Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot Terbaru

Baca juga


Harga dan Spesifikasi Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot Terbaru

Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot : Nama Peugeot adalah nama merk mobil yang terkenal dari Eropa tepatnya di negara Prancis. Dan Peugeot juga merupakan bagian dari perusahaan PSA Peugeot Citroen, yang mana PSA Peugeot Citroen ini merupakan produsen mobil yang paling besar urutan kedua yang bermarkas di Eropa.

Awal Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot

Sejarah terciptanya Peugeot ini diawali dari sebuah bisnis keluarga yang mana bisnis ini sudah didirikan sejak tahun 1810. Sebenarnya kata dari Peugeot ini untuk asal mulanya tepatnya pada abad ke 19 ialah sebuah pabrik kopi serta pembuat sepeda. Ketika itu Arman Peugeot mencoba mengenalkan konsep "Le Granb Bi" yang mana konsep ini memiliki arti bahwa Arman Peugeot ini mencoba menciptakan sepeda yang mana ukuran ban depannya lebih besar dari ban belakang tapatnya di tahun 1882 serta bersamaan pula dengan jenis-jenis sepeda lainnya. Tepatnya pada tahun 1858 pada tanggal 20 November Emile Peugeot mulai memasangkan logo singa guna sebagai merk dagangnya. Ketika itu sepeda Peugeot terus-terusan diciptakan meskipun akhirnya perusahaan sepeda dan mobil akhirnya pun pecah pada tahun 1926.

Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot

Armand Peugeot

Setelah bertemu dengan Gottlieb Daimler akhirnya Armand Peugeot ini tertarik dengan dunia automobil untuk kali pertamanya, ketika itu karena Gottlieb Daimler telah berhasil untuk meyakinkan Armand Peugeot akan kepantasan dirinya agar dapat memproduksi otomobil. Untuk otomobil pertama yang berhasil diciptakan oleh Peugeot yaitu mobil roda tiga bertenaga mesin uap yang dirancang oleh Leon Serpollet yang suksed diproduksi pada tahun 1889, ketika itu hanya 4 contoh otomobil yang sukses diciptakan dengan mesin tenaga uap, yang mana otomobil dengan mesin uap ini sangat berat serta besar, dan juga membutuhkan waktu pemanasan yang tidak sebentar.

Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot

Ketika pada tahun 1890 yang mana setelah Armand Peugeot ini bertemu dengan Gottlieb Daimler beserta Emile Levassor akhirnya mobile dengan mesin bertenaga uap ini pun ditinggalkan kemudian segera merencanakan mobil roda empat dengan mesin berbahan bensin dengan pembakaran internal yang diciptkan oleh Panhard dibawah naungan license Daimler. Mobil hasil ciptaan tersebut merupakan mobil paling canggih yang ada pada zamannya lantaran mobil ini memiliki suspensi tiga poin serta sliding gear.

Setelah itu akhirnya beberapa mobil pun mulai diproduksi yang mana diantaranya 29 mobil diproduksi pada tahun 1892 lalu 40 mobil pada tahun 1894, 72 mobil di tahun 1895, 156 mobil di tahun 1898 serta 300 mobil berhasil di produksi di tahun 1899. Sedangkan untuk model dan type mobil ini dinamai tipe 12, yang mana tipe ini berasal dari tahun 1895. Ketika itu Peugeot ini sukses sebagai produsen pertama yang menciptakan ban karet yang cocok serta padat bila dibandingkan dengan yang berjenis pneumatic untuk mobil-mobil yang menggunakan bahan bakar bensin ketika itu. Tidak cukup sampai disitu, pada saat itu pun Peugeot sukses sebagai pionir dalam arena balapan mobil.

Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot

Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot

Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot

Akhirnya pada tahun 1896 Armand Peugeot memutuskan untuk memisahkan diri dari perusahaan keluarga serta mendirikan perusahaan sendiri yang diberi nama Anonyme des Automobiles Peugeot serta membangun pabrik baru yang berlokasi di Audincourt yang bertujuan agar lebih fokus pada produksi mobil. Pada tahun 1896 ialah merupakan tahun dimana Peugeot sukses menggunakan mesinnya sendiri tanpa ada ketergantungan lagi terhadap Daimler. Sukses dirancang oleh Rigoulot yang mana pada mesin pertamanya ini bertenaga 8 HP (6.0 kW) berhorizontal ganda serta kembar yang akhirnya dipasangkan dibelakang tipe 15. Dan ini pun menjadi dasar dari copyan mesin yang mirip diproduksi oleh Rochet-Schneider.

Namun di tahun 1901 Peugeot ini memulai debutnya dengan kemudi yang memiliki kapasitas tidak besar 653cc satu silinder yang dijuluki dengan nama Bebe (Baby/ bayi) serta mampu menegeluarkan citra konservatif. Ketika itu mobil ini mampu menjadi mobil pemimpin gaya. Dan pada tahun 1902 setelah hanya mampu menempati posisi 19 pada acara balapan yang berlangsung di Reli Paris Vienna dan gagal finish untuk kedua mobil yang samanya, akhirnya Peugeot memutuskan untuk keluar  dari dunia balap.

Akan tetapi pada tahun 1912 akhirnya Peugeot memutuskan untuk kembali balapan yang sekarang didukung oleh team yang didalamnya terdapat tiga insinyur pembalap yang masing-masing diantaranya bernama : Paolo Zuccarelli (sebelumnya dari Hispano-Suiza), Goux (lulusan dari Arts et Metiers, Paris) serta Georges Boillot serta dengan insinyur 26 tahun berasal dari negara Swiss yang bernama Ernest Henry untuk merundingkan ide-ide mereka agar bisa menjadi kenyataan. Ketika itu Perusahaan mengambil keputusan bahwa balapan voiurette (mobil ringan) tidak cukup dan memutuskan untuk melakukan balapan touring (grandes epreuves). Pada balapan touring ini mereka melakukan teknik tour de force : empat silinder DOHC 7.6 liter (110 x 200 mm) yang memiliki empat katup pada masing-masing silindernya. Strategi ini akhirnya terbukti bahwa mobile Peugeot ini mampu menjadi mobil yang tercepat dari mobil-mobil lainnya di era itu, dan Boillot pun akhirnya sukses memenangkan balap Grand Prix Perancis di tahun 1912 yang mana rata-rata kecepatan mencapai 68.45 mph (110.2 km/jam), walaupun ketika itu Boillot harus rela kehilangan gigi ketiganya serta memerlukan waktu 20 menit pada pit stop.

Peugeot Ketika Tahun Perang

Ketika sedang berlangsung perang dunia pertama, Peugeot pun membanting stir beralih pada produksi senjata perang seperti memproduksi tank dan granat. Namun setelah perang selesai, produksi mobilnya pun kembali dilakukan kembali.

Pada abad ke 20, Peugeot melakukan perluasan, pada tahun 1926 Peugeot pun membelah bisnisnya keluar dari Cycles Peugeot, ketika itu pembagian keuntungan dilakukan secara konsisten agar dapat membuat keuntungan lebih serta dapat bertahan pada industri otomotif serta mengakuisi Bellanger yang sudah tutup pada perusahaan De Dion di tahun 1927. Salah satu hal yang paling baru di tahun 1929 yaitu peugeot 201, yang mana mobil jenis ini merupakan mobil dengan harga termurah yang ada di pasar mobil Prancis, serta merupakan mobil pertama yang menggunakan merk dagang Peugeot (serta sudah terdaftar) dengan seri 201 yang akan mendapat suspensi depan di tahun 1931, akan tetapi ketika itu terjadi depresi keuangan yang mengakibatkan penjualan Peugeot mangalami penurunan namun perusahaan Peugeot ini tetap selamat dari kebangkrutan.

Pada tahun 1933 Peugeot pun mencoba kembali peruntungannya dengan menciptakan produk mobil terbarunya yang lebih aerodinamis. Dan akhirnya pada tahun 1934 Peugeot sukses memperkenalkan produksi mobil terbarunya yang bernama 402 BL Eclipse Decapotable, yang mana mobil ini merupakan mobil pertama yang kompatible dengan hardtop yang bisa dibuka tutup, yang mana akhirnya ide ini pun disadur oleh Ford Skuliner pada tahun 1950-an yang akhirnya kembali muncul pada era modern yang diwakili oleh Mitsubishi 3000GT Spyder. Akhir-akhir ini banyak vendro mobil yang menawarkan hardtop yang bisa dibuka tutup, tidak ketinggalan pun Peugeot dengan 206 cc.

Pada era tahun tiga puluhan ada tiga jenis mobil Peugeot yang begitu menarik perhatian yaitu diantaranya: Peugeot 202, Peugeot 302 serta Peugeot 402. Jenis-jenis mobil ini mempunyai body yang berkelok, serta dengan tampilan lampu belakangya dengan kisi bar yang miring, tampilan ini terinspirasi oleh aliran udara Chrysler. Pada tahun 1935 Peugeot dengan seri 402 2.1 liter mulai diperkenalkan dan sukses diproduksi sampai pada akhir tahun 1941, walaupun negara Perancis berhasil diambil alih oleh Nazi namun untuk model level 202 diproduksi secara seri yang berawal dari tahun 1938-1942. Untuk mobil Peugeot dengan seri 201 ini sukses pada sektor penjualan serta mampu mengangkat penjualan mobilnya sampai dengan 52.796 unit, tepat berada dibelakang Citroen. Dan akhirnya untuk produksi secara regular pun dimulai kembali pada pertengahan tahun 1946 dan tetap berlangsung sampai dengan tahun 1949.

Peugeot Pasca Perang Dunia II

Setelah selesai perang dunia II yang mana tepatnya pada tahun 1946 akhirnya perusahaan Peugeot pun kembali untuk memproduksi mobilnya dengan menciptakan mobil dengan seri 202 yang mencapai 14000 unit. Pada tahun 1947, Peugeot pun kembali memperkenalkan produk mobil terbarunya yang diberi nama dengan seri 203, yang mana untuk mobil Peugeot sert 203 ini menawarkan mobil dengan per berbentuk ulir, kemudi sayap serta remnya hidrolik. Untuk seri Peugeot 203 ini kembali sukses mencatatkan rekor penjualan Peugeot yang baru, yang mana untuk sisa produksi sampai dengan tahun 1960.

Pada tahun 1958 akhirnya Peugeot mencoba untuk menjual produk mobilnya ke negara Amerika Serikat, kemudian pada tahun 1969 Peugeot kembali memperkenalkan produk mobil terbarunya dengan seri Peugeot 404 yang mana mobil ini menggunakan mesin mobil dengan versi 403 yang bertenaga 1.618 cc (99 cu in) dengan kemiringan 45 derajat. Untuk seri Peugeot 404 sudah terbukti dapat memenangkan Reli Safari di Afrika Timur, dalam empat dari tahun keenam yaitu antara tahun 1963 dan 1968.

Lalu setelah itu, tidak sedikit beberapa model lain yang mengikuti, bisa diambil contoh pada Peugeot seri 504, yang mana untuk seri Peugeot 504 ini merupakan seri mobil Peugeot yang sangat khas. Layaknya apa yang sering terjadi di pabrikan Eropa, akhirnya Peugeot pun bekerjasama dengan Renault dari tahun 1966 dan kerjasama juga dengan Volvo dari tahun 1972.

Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot

Peugeot 505


Untuk beberapa mobil Peugeot dilakukan perakitan di negara Australia, mobil Peugeot yang dirakit di negara Australia diantaranya : Peugeot 203 pada tahun 1953, lalu dikuti kembali dengan Peugeot dengan model 403, 404, 504 dan untuk produk akhir yang diproduksi di Australia yaitu Peugeot dengan seri 505 yang berakhir pada tahun 1980an.

Ketika Peugeot Mengambil Alih Citroen dan Membentuk PSA

Pada tahun 1974 Peugeot memutuskan untuk membeli saham dari Citroen sebanyak 30 persen, kemudian pada tahun 1975 setelah pemerintah Prancis memberikan sejumlah uang yang cukup besar pada perusahaan tersebut akhirnya Peugeot pun mengambil alih seluruh saham perusahaan Citroen ini. Ketika itu Citroen memang mengalami keuangan yang sulit lantaran karena terlalu banyak mengembangkan model-model mobil terbarunya secara radikal.

Pada tahun 1975 sebenarnya Peugeot pernah juga mengendalikan merk balap yang bernama Maserati, akan tetapi keadaan ini tidaklah bertahan lama serta akhirnya pun terlepas kembali pada tahun 1975 tepatnya pada bulan Mei lantaran masalah keuangan masa pendek.

Peugeot Sukses Mengambil Alih Chrysler Eropa

Setelah sebelumnya Peugeot sukses membeli saham 100 persen Citroen, kini kembali Peugeot mengakuisi merk dagang mobil yang bernama Chrysler yang mana pada tahun 1978 sebagai produsen mobil Amerika yang berjuang untuk bertahan hidup. Untuk investasi lebih lanjut dibutuhkan karena PSA memutuskan untuk merk baru guna entitas, berdasarkan pada mobil sport Talbot yang paling akhir dapat dilihat di tahun 1950. Ketika itu semua Chrysler/ Simca terjual dibawah merk dagang Talbot sampai produksi mobil penumpang Talbot tersimpan rapi pada tahun 1987 serta pada kendaraan komersial di tahun 1992.

Untuk model mobil unggulan dari merk mobil yang memiliki usia pendek ini yaitu Tagora, yang mana Tagora ini adalah kompetitor langsung dari model PSA 604 serta model CX. Pada mobil ini memiliki tampilan design dengan bersiku-siku, mobil sedan besar yang berdasar pada mekanisme Peugeot 505.

Peugeot Era 1980-an

Akibat investasi secara keseluruhan ini maka mengakibatkan masalah yang cukup serius untuk kelompok PSA, maka akbiatnya PSA kehilangan seluruh uangnya sejak tahun 1980 sampai dengan 1985

Peugeot Era 1990-an

Senasib dengan produsen mobil eropa lainnya, penjualan mobil Peugeot di negara Amerika dan Kanada ketika itu mengalami ketersendatan yang mengakibatkan masalah ekonomis yang cukup serius pada perusahaan Peugeot, akibat ini memiliki salah satu alasan salah satu diantaranya ialah lantaran design mobil Peugeot 505 ini yang terbilang sudah cukup tua. Dan untuk mengatasi masalah ini maka untuk waktu yang sementara distribusi penjualan mobil Peugeot untuk negara Kanada ditangani oleh Chrysler. Disamping itu ide-ide cemerlang pun dikeluarkan agar Peugeot mampu berbicara banyak pada penjualan mobilnya di pasar mobil Amerika. Salah satu ide ini yaitu dengan cara memasukkan mobil Peugeot dengan seri 205 di pasar mobil Amerika, hal ini awalnya dianggap bisa dan akhirnya sudah dapat dikejar lagi. Dan pada awal tahun 1990-an Peugeot kembali memperkenalkan produk mobil terbarunya dengan seri 405 yang terbukti tidak mampu bersaing secara siginifikan dan untuk mobil seri 405 ini hanya mampu terjual tidak lebih dari 1000 unit mobil saja. Secara keseluruhan, total penjualan mobil Peugeot ini mengalami penurunan yang sangat drastis yang mana untuk total penjualan secara keseluruhan turun menjadi 4.261 unit pada tahun 1990 serta 2240 unit sampai bulan Juli pada tahun 1991. Oleh sebab ini maka Peugeot mulai memberhentikan penjualan mobilnya serta operasinya di negara Amerika Serikat serta Kanada setelah hampir berada selama 33 tahun Peugeot ini eksist disana.

Diawali pada akhir tahun 1900 an bersama Jean Martin Folz sebagai presiden dari PSA, perpaduan antara Peugeot dan Citroen mulai memperlihatkan keseimbangan yang lebih baik. Penghematan dari segi biaya tidak lagi dilakukan yang berdampak pada merugikan gaya serta design mobil mereka ini.

Peugeot Era 2000-an

Di tahun 2006 tepatnya pada tanggal 18 April, PSA Peugeot Citroen memberitahukan penutupan fasilitas manufakturnya yang berlokasi di Ryton Conventry Inggris. Dampak dari pemberitaan ini mengakibatkan hilangnya 2300 pekerja serta 5000 pekerja lainnya pada sektor pasokan. Terakhir kalinya pabrik ini memproduksi mobil Peugeot 206 tepatnya pada tanggal 12 Desember 2006 namun akhirnya pabrik ini tutup di bulan Januari 2007.


Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot

Peugeot 206

Pada akhir dekade ini sebenarnya Peugeot menargetkan penjualan yang begitu bermuatan ambisi, lantaran Peugeot menargetkan 4 Juta unit penjualan pada tiap tahunnya, akan tetapi semua itu masihlah jauh dari harapan. Contohnya, pada tahun 2008 saja, Peugeot hanya mampu menjual mobilnya dibawah 2 juta unit saja. Dan ketika pada pertengahan tahun 2009, ketika kondisi industry yang tidak kondusif mengakibatkan penjualan Peugeot ini kembali menurun yang mengakibatkan kerugian pada sektor biaya operasional. Dampak ini mengakibatkan digantikannya Christian Streiff oleh Phillipe Varin (CEO) serta Jean Pierra Plou yang menjabat sebagai kepala design dipindah jabatannya di Citroen.

Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot

Peugeot Onyx

Peugeot Avenue


Sebenarnya Peugeot memiliki Showroom yang terletak di Champs Elysess yaitu tepatnya berada di Paris dan Berlin. Sedangkan untuk Showroom Peugeot ini sendiri lebih besar yang berada di Berlin daripada showroom yang berada di Paris. Akan tetapi dari kedua showroom ini memiliki agenda yang terbilang cukup teratur yang mana showroom Peugeot ini dirubah menjadi pameran mini yang didalamnya mampu memamerkan mobil produksi terbaru mereka dan mobil yang masih terkonsep. Kedua showroom ini pun mempunyai feature yang lain, yang mana kedua showroom ini bisa dikatakan dengan kata lain yaitu sebagai butik kecil Peugeot yang mana tempat ini menjadi populer untuk para penggemar Peugeot agar dapat dikunjungi. Unutk Peugeot Avenue Berlin juga ternyata memiliki Cafe yang bernama Cafe de France.

European Car of the Year

Ternyata Peugeot telah sukses memenangkan tiga kali penghargaan European Car of the Year diantaranya :

Peugeot 504 Pada Tahun 1969

Peugeot 405 Pada Tahun 1988

Peugeot 307 Pada Tahun 2002

Model Peugeot Yang lain datang menjadi pemengan kedua atau ketiga dalam kontes

Peugeot 505 Pada Tahun 1980

Peugeot 205 Pada Tahun 1984

Peugeot 406 Pada Tahun 1996

Peugeot 206 Pada Tahun 1999

Demikianlah informasi seputar Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot. Mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat. Terimakasih


Demikianlah Artikel Harga dan Spesifikasi Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot Terbaru

Sekianlah artikel Harga dan Spesifikasi Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot Terbaru kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Harga dan Spesifikasi Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot Terbaru dengan alamat link https://otomotif-gear.blogspot.com/2016/11/harga-dan-spesifikasi-sejarah.html

1 Response to "Harga dan Spesifikasi Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot, Pembuat Mobil Peugeot Terbaru "

  1. ,Izinkan Saya Mbah Agus Darma Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Agus Darma memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei,Dll maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Agus Darma Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 500.000 Paket 3D Sebesar Rp. 700.000 Paket 4D Sebesar Rp. 1.000.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0823-8738-4409 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0823-8738-4409

    BalasHapus